Pahami Perhitungan Zakat Anda dengan Tepat

yuk berzakat

Hidup di dunia baiknya memahami akan pentingnya saling berbagi dan melindungi dengan sesama, sebab manfaatnya sangatlah besar. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak dapat melepaskan diri dari bantuan orang sekitar. Selagi Anda diberi kelebihan maka jadikan kelebihan tersebut untuk membantu orang lain, sehingga membawa banyak manfaat bagi semua pihak. Umat Islam paham betul artinya saling berbagi maka dibahas masalah zakat secara detail agar semua orang menyadari bahwa harta yang dimilikinya di dunia merupakan titipan.

Titipan ini wajib untuk dibagi dengan sesama muslim lainnya, sebab tidak semua muslim memiliki kelebihan seperti yang Anda punya. Zakat mengajarkan umat muslim untuk memperhitungkan setiap harta yang dimiliki secara teliti. Kemudian melakukan perhitungan zakat yang hasilnya nanti akan dibayarkan, baik melalui lembaga zakat maupun didistribusikan secara pribadi kepada orang yang dianggap membutuhkan. Harta jenis apapun yang dimiliki memang wajib untuk dizakatkan, sebab dengan berzakat sesuai ketentuan banyak hikmah bisa dipetik.

Hikmah Dalam Menunaikan Zakat

Perhitungan terhadap zakat secara tepat rupanya membawa banyak sekali manfaat, baik bagi Anda yang memberi maupun bagi mereka yang menerima. Hikmah dari menunaikan kewajiban zakat ini antara lain:

  • Tidak mengenal orang miskin dan kekurangan,
    Sebenarnya tidak sedikit umat muslim yang memiliki kekayaan melimpah sehingga ketika bergabung dan sama-sama menunaikan kewajiban zakat. Secara otomatis akan membantu mengurangi kemiskinan terutama di daerah tempat tinggal. Sebab zakat yang Anda keluarkan akan sangat berarti bagi mereka yang memang berhak mendapatkannya. Mereka bisa memakainya untuk memperbaiki kualitas hidup, seperti membeli makanan sehat, pakaian pantas, dan sebagainya sehingga perlahan membantu mengurangi kemiskinan.
  • Mempererat hubungan silaturahmi,
    Banyak orang miskin merasa iri dengan harta berlimpah yang dimiliki oleh orang kaya, sifat ini semakin menjadi jika orang kaya tersebut juga pelit. Hubungan antara keduanya tidak akan pernah menemukan kata harmonis. Berbeda jika orang kaya lebih menunduk dan membayarkan kewajiban zakatnya lalu diserahkan kepada orang miskin di dekat tempatnya tinggal. Maka perlahan iri di hati si miskin akan memudar sebab yakin di dunia ini banyak orang kaya yang hatinya pemurah. Berzakat pun mampu memperbaiki silaturahmi terutama dengan orang terdekat.
  • Memberikan ketenangan dan kebahagiaan,
    Memiliki kewajiban membayar zakat namun enggan ditunaikan maka musim tersebut akan sukar mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. Sebab dijanjikan bahwa siksaan akan diterima bagi mereka kelak saat tiba di akhirat. Memahami konsekuensi ini maka sebaiknya Anda mulai memahami perhitungan dari zakat harta yang dimiliki dengan benar. Supaya bisa ditunaikan sehingga setelahnya bisa mendapatkan ketenangan dan tentu saja kebahagiaan. Kebahagiaan ini nantinya juga dirasakan oleh mereka yang menerima zakat dari Anda, sehingga hubungan timbal balik akan berlangsung.