Kalkulator Zakat Fitrah dan Zakat Lainnya dalam Islam

zakat fitrah bayar

Islam mempunyai beberapa zakat yang bisa dikeluarkan oleh masyarakat yang sifatnya ada yang wajib dan ada juga yang tidak. Dimana ada dua jenis zakat yang perlu diketahui oleh masyarakat yaitu zakat fitrah yang hanya dikeluarkan setahun sekali ketika akhir puasa yaitu ketika malam sebelum idul fitri dengan cara menyerahkan beras. Sedangkan untuk zakat lainnya ada zakat mal yaitu zakat harta yang bisa untuk dinilai harganya seperti hasil bumi, hasil pertanian, emas, dan juga profesi yang mempunyai gaji. Untuk dapat menghitung zakat tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan aturan kalkulator zakat sesuai dengan zakat nya seperti berikut ini:

  1. Kalkulator zakat fitrah
    Merupakan cara perhitungan zakat fitrah yang dilakukan setahun sekali ketika syawal menjelang idul fitri dan akhiran bulan ramadhan ini. Untuk cara perhitungan melakukan zakat fitrah ini sangat mudah yaitu dengan cara menghitung menurut aturan yang ada dalam Islam. Untuk aturan menghitung zakat fitrah perorang misalnya yaitu 3,5 x harga beras yang ada di pasaran perliternya. Jadi misalnya untuk harga beras perliter saat itu adalah 10 ribu maka apabila diuangkan besaran zakat fitrah tersebut adalah senilai 35 ribu rupiah. Sedangkan untuk menghitung dari segi berat pengalinya bisa untuk menghitung dengan rumus 2,5 x harga beras perkilogramnya.
  2. Kalkulator zakat profesi
    Merupakan cara perhitungan yang kedua yaitu zakat profesi yang diserahkan oleh masyarakat yang mempunyai penghasilan sendiri dari profesi yang digelutinya. Untuk perhitungan zakat ini adalah dengan cara 2,5 persen x penghasilan total yang telah dikurangi dengan hutang yang dipunyai dan juga cicilan yang harus dibayarkan per bulannya. Atau juga bisa dengan cara yang lain itu menghitung nisab dari zakat profesi ini dengan cara 520 x harga beras yang ada di pasaran saat itu per kilogram nya.
  3. Kalkulator zakat mal
    Adalah cara perhitungan ketiga yang memerlukan aturan seperti nisab dan juga haul. Untuk zakat mal ini bisa memberikan rumus sederhana seperti 2,5 perm x harta yang telah tersimpan 1 tahun yaitu haul. Contohnya untuk menghitung zakat mal emas adalah 85 x harga emas yang ada di pasaran. untuk 85 kilogram adalah emas yang disimpan dalam satu tahun.

Zakat mal tersebut mempunyai beberapa jenis yang ada yaitu pertanian seperti hasil bumi untuk beras, dan juga lainnya. Untuk hasil pertambangan yang dilakukan lewat penggalian dalam bumi dan bisa untuk menemukan minyak, dan macam lainnya. Serta juga harga seperti emas dan juga perak. Dalam Islam sendiri beberapa harta tersebut mempunyai nilai zakat yang ada yang harus dikeluarkan agar nilai harta yang dimiliki lebih bersih karena dalam harga yang dimiliki tersebut ada hak dari orang lain.