Inilah Cara Memperoleh Rumah Subsidi degan Mudah

rumah subsidi perumnas

Banyak orang yang tertarik dengan rumah subsidi, karena selain untuk mendapatkan kebutuhan tempat tinggal juga harga yang menjadi lebih murah. Harga rumah yang sekarang mahal sering kali membuat beberapa masyarakat kesulitan untuk bisa memiliki rumah pribadi. Terlebih lagi masyarakat berpenghasilan rendah yang harus bekerja ekstra untuk bisa mewujudkan rumah idaman. Adanya program pemerintah ini tentu dapat membantu meringankan MBR dalam membeli sebuah hunian. Untuk mendapatkan bantuan ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, setelah itu pemohon juga harus bisa melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya terkait cara mendapatkan salah satu rumah yang dibantu subsidi oleh pemerintah.

Beberapa Cara Memperoleh Subsidi untuk Rumah

  1. Memenuhi syarat dan kriteria

Syarat utamanya tentu adalah warga negara Indonesia, dengan kriteria untuk masyarakat yang sudah berumur minimal 21 tahun atau masyarakat yang sudah menikah. Rumah subsidi juga hanya ditujukan untuk masyarakat yang belum pernah memiliki rumah. Bantuan ini tidak berlaku untuk masyarakat yang sudah pernah menerima subsidi untuk sebuah pemilikan rumah. Subsidi yang diberikan dalam kredit pemilikan rumah atau KPR rumah tapak adalah untuk masyarakat yang penghasilannya tidak lebih dari Rp 4.000.000,- per bulan. Sedangkan untuk KPR rumah susun subsidi hanya untuk masyarakat dengan penghasilan per bulan paling tinggi Rp 7.000.000,-. Syarat lainnya adalah sudah bekerja paling tidak satu tahun dan memiliki NPWP serta SPT PPh orang pribadi.

  1. Melengkapi dokumen permohonan

Dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain adalah pas foto terbaru, foto kopi kartu keluarga, KTP pemohon dan pasangannya, foto kopi slip gaji, dan foto kopi surat nikah. Dokumen tambahannya adalah foto kopi NPWP dan rekening koran di 3 bulan terakhir. Untuk bisa mendapatkan subsidi salah satu rumah Perumnas, pemohon perlu menandatangani surat pernyataan pemohon dan pasangan yang menyatakan belum memiliki rumah. Pemohon rumah subsidi juga perlu membuat surat pernyataan yang menyebutkan bahwa belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah. Untuk pemohon yang berprofesi sebagai PNS mungkin ada tambahan surat atau dokumen lain.