Berat Berpisah dengan Anak Sebelum Sekolah Dimulai?

preschool

Hal paling berat yang biasanya dialami anak maupun orangtua ketika preschool dimulai adalah saat-saat perpisahan. Di saat ini, anak bisa mengalami separation anxiety yang disalurkan dengan menangis, tantrum, maupun menolak pergi. Di lain pihak, Anda sebagai orang tua juga akan mengalami saat-saat sangat berat meninggalkan anak Anda, sekalipun sekolah yang dipilih sudah bertaraf international preschool sekalipun.

Di saat seperti inilah, Anda sebagai orangtua harus bisa menguatkan anak (dan diri sendiri) untuk memastikan semuanya baik-baik saja dan berjalan lancar. Ini yang bisa Anda lakukan untuk anak Anda yang mengalami separation anxiety:

  • Bawa anak Anda ke sekolah beberapa kali sebelum hari pertama sekolah, sehingga anak bisa mengeksplorasi bakal ruang kelas mereka bersama dengan Anda.
  • Buatlah ritual perpisahan bersama anak Anda, seperti high five, peluk-cium dan jabat tangan spesial, memberikan benda kecil seperti foto, charm, dll. untuk mengingatkan mereka akan Anda.
  • Di depan kelas, sesaat sebelum waktunya masuk, berjanjilah kepada anak bahwa Anda akan kembali setelah sekolah selesai.

Banyak pendamping dan guru yang ada di preschool bertaraf internasional akan mendampingi anak ketika mereka mengucapkan selamat tinggal pada Anda, meyakinkan bahwa semua akan baik-baik saja. Tapi, Anda sebagai orangtua juga harus membantu diri Anda sendiri mengatasi separation anxiety. Caranya:

  • Memberikan sinyal positif bagi anak sehingga mereka juga mengawali hari dengan lebih bahagia. Anak sangat sensitif dengan perasaan Anda yang tak rela berpisah.
  • Kenali lebih dekat guru-guru dan juga orangtua murid beserta anak-anak yang ada di dalam kelas.
  • Buat rutinitas bagi Anda dan anak Anda, seperti bangun lebih awal untuk menyiapkan sarapan, membantu menyiapkan tas dan sepatu anak di malam sebelumnya, dll.

Dengan usaha dari Anda dan anak, maka separation anxiety akan bisa dikurangi perlahan-lahan. Akan lebih baik lagi jika Anda juga meminta dukungan dari guru-guru preschool tempat anak Anda berada.international preschool yang telah memiliki cabang di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Bandung, Memiliki guru dan pendamping profesional yang akan membantu anak untuk mengatasi anxiety yang dialaminya.