3 Manfaat Amalan Menyediakan Sapi Kurban

sapi kurban kambing

Lewat ibadah berkurban rupanya banyak sekali hikmah yang dapat dipetik sehingga anak-anak sudah diajari mengenai ibadah satu ini sejak dini. Supaya ketika mereka dewasa dan sudah memenuhi syarat untuk menunaikan ibadah berkurban menjadi lebih siap. Sekaligus mampu memilihkan hewan kurban terbaik dan berkualitas untuk amalan yang maksimal. Membahas mengenai ibadah kurban tentu tidak dapat dipisahkan dari hewan yang hendak dikurbankan. Apabila Anda memiliki dana yang memadahi maka dianjurkan memilih sapi kurban yang punya banyak kelebihan.

Alasan Memilih Sapi untuk Berkurban

Biasanya sapi untuk ibadah kurban akan memiliki harga lebih tinggi, namun dalam ibadah memilih sapi ini bukan untuk tujuan pamer. Melainkan pemilihannya sendiri punya beberapa kelebihan dan menjadi alasan mengapa baiknya memilih sapi dibanding kambing. Alasannya antara lain:

  • Memiliki daging yang lebih banyak, sehingga ketika disembelih otomatis lebih banyak orang akan menerima daging kurban tersebut.
  • Daging sapi lebih aman disantap siapa saja sehingga tidak perlu cemas menikmatinya bagi Anda penderita hipertensi.

 

Manfaat Menjalankan Ibadah Berkurban

Jikalau memang belum mampu membeli sapi untuk berkurban maka baiknya memilih kambing, apalagi daging kambing merupakan daging kesukaan Nabi Muhammad SAW. Menjalankan ibadah atau amalan berkurban sendiri rupanya memberi beberapa manfaat berikut:

 

  1. Melatih kepedulian sosial,
    Dengan kegiatan berkurban maka Anda telah mengikhlaskan sebagian harta yang dimiliki untuk membeli hewan kurban. Nantinya hasil penyembelihan akan dinikmati oleh masyarakat luas sehingga secara langsung amalan ini membangun kepedulian sosial. Berbagi daging sapi yang kaya nutrisi dan rasanya lebih enak dibanding daging ayam, tentu tidak banyak masyarakat bisa menyantapnya secara teratur.

 

  1. Memupuk rasa solidaritas,
    Berkurban tidak hanya mengurus pembelian hewan kurban saja dan Anda lalu duduk manis di rumah. Nantinya Anda akan terlibat dalam proses penyembelihan sampai pembagian daging kurban yang sudah ditimbang agar diterima masyarakat secara merata. Semua kegiatan ini dari awal sampai akhir tentu tidak hanya melibatkan satu dua orang melainkan banyak. Ikut terlibat pula bagi mereka yang menerima daging kurban, sehingga ibadah satu ini membantu memupuk rasa solidaritas Anda akan sesama. Menjadi pribadi yang lebih baik pun akan terasa lebih mudah.

 

  1. Menjauhi sikap tamak dan kikir,
    Berkurban tidak hanya mengenai proses menjalankan sebuah ibadah atau amalan namun melibatkan rasa ikhlas. Banyak orang sudah mampu untuk berkurban namun belum mau menjalankannya, ada pula yang sebaliknya. Maka dengan berkurban Anda sudah sukses mengatur hati agar ikhlas merelakan sebagian rezeki dinikmati orang banyak dalam bentuk daging kurban. Bersama ibadah di hari Idul Adha ini maka seseorang bisa membuang sifat tamak dan juga kikir, berganti menjadi ikhlas dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.