Tips Mengatasi Rotasi Layar Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Smartphone Android

Tips Mengatasi Rotasi Layar Smartphone Android

Tips Mengatasi Rotasi Layar Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Philtorres.net – Banyak sekali memang fitur-fitur yang menarik di dalam smartphone berbasis android. Salah satunya adalah fitur auto rotate, yang mana kegunaannya adalah dapat menampilkan layar secara portrait maupun lanscape secara otomatis saat fitur auto rotate diaktifkan. Kinerjanya sendiri adalah saat smartphone kita putar, maka tampilan layar pun turut berputar juga. Nah, lalu bagaimana apabila fitur auto rotate pada smartphone android kita tidak berfungsi ? Pada dasarnya, fitur yang satu ini memakai sensor accelerometer guna mengetahui gerakan tangan yang dilakukan oleh pengguna ketika memutar smartphonenya. Sensor ini bakal bekerja secara terus menerus jika fitur auto rotate dalam kondisi on. Sementara apabila fitur auto rotate ini tidak berfungsi, maka tampilan layar pada ponsel pun tidak bisa berbalik dari portrait ke lanscape. Penyebabnya ada beberapa, seperti salah satunya adalah lantaran pengguna memasan custom ROM yang tidak kompatibel dengan spesifikasi smartphone.

Apabila smartphone anda juga mengalami masalah berupa tidak berfungsinya fitur rotasi layar, tak perlu khawatir. Cobalah untuk mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Test sensor accelerometer. Pada setiap merk smartphone android bisanya sudah mempunyai kode rahasia untuk menguji sensor accelerometer. Jika anda sudah menemukan kode rahasia tersebut, berikutnya tekan tombol sensor serta pilih accelerometer dan lihat apakah terdapat pergerakan atau tidak.
  2. Reboot smartphone. Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk mencoba mengatasi smartphone yang rotasi layarnya tidak berfungsi. Matikan perangkat, kemudian lepaskan baterai, SIM Card hingga juga microSD dan biarkan beberapa saat terlebih dahulu untuk kemudian pasang kembali dan nyalakan kembali. Melakukan reboot ini bertujuan untuk memuat lagi sistem android.
  3. Memakai aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda pasang dalam smartphone anda untuk membuat fungsi rotasi layar kembali seperti semula. Aplikasi rotasi layar dipakai untuk memaksa layar smartphone android anda untuk berotasi saat mengalami error.
  4. Bersihkan cache pada smartphone. Ada lagi cara yang sederhana untuk mengatasi rotasi layar ponsel pintar yang tidak berfungsi. Adalah dengan membersihkan cache beserta juga history tasking. Tujuannya adalah untuk membersihkan smartphone dari file-file sampah yang tidak perlu yang hanya membuat ruang penyimpanan penuh dan bahkan juga bisa menjadi pemicu tidak berfungsinya rotasi layar.

Baca juga: Makanan dan Pola Makan Penderita Diabetes