Cara Merawat Ac Mobil Supaya Tetap Dingin Dan Lebih Awet

Cara Merawat Ac Mobil

Cara Merawat Ac Mobil

Cara Merawat Ac Mobil Supaya Tetap Dingin Dan Lebih Awet

Philtorres.net Cara Merawat AC Mobil : AC mobil dalam kondisi baik sangat berpengaruh terhadap kenyaman pemilik mobil. Karena jika AC mobil bermasalah, maka udara dingin dan sejuk tidak bisa dihasilkan AC dengan maksimal, bahkan bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap. Untuk menghindari hal tersebut kamu harus merawat AC dengan baik.

Untuk itu berikut informasi tentang cara merawat AC mobil supaya tetap dingin dan lebih awet.

  1. Bersihkan kondensor jika terdapat kotoran atau debu yang menempel. Kamu bisa membersihkannya dengan menyemprot bagian yang kotor dengan semprotan air kecil, dan sekalian membersihkan bagian dalam mobil.
  2. Periksa Freon AC. Bisa saja AC tidak bekerja secara maksimal karena freonnya sudah limit, untuk itu segera isi ulang Freon tersebut.
  3. Jaga kebersihan kabin dari kotoran, debu, pasir. Jika tampak kotor, segera bersihkan kabin kamu dengan vacuum cleaner supaya kotoran atau debu bisa cepat hilang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari debu tersedot oleh blower AC mobil, sehingga dapat membuat komponen AC menjadi kotor dan tidak bekerja dengan optimal.
  4. Beli filter kabin supaya debu dan benda asing bisa disaring terlebih dahulu agar tidak bisa masuk Evaporator. Sehingga tidak menggangu kinerja AC mobil. Dan rajin bersihkan filter kabin secara rutin menggunakan vacuum cleaner sehingga tidak mengganggu kinerja filter kabin tersebut.
  5. Periksalah ekstra fan apakah putarannya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Ekstra fan bertugas untuk membuang hawa panas saat AC mobil dinyalakan. Namun ada beberapa merk mobil yang tidak menggunakan ekstra fan, maka kamu harus memeriksa kipas radiator karena beberapa merek mobil mengfungsikan kipas radiator sebagai ekstra fan.
  6. Hindari terlalu sering membuka kaca jendela mobil supaya debu tidak mudah masuk ke kabin mobil, sehingga tidak membuat evaporator menjadi kotor.
  7. Cek RPM mesin ketika dihidupkan, karena RPM mesin yang rendah bisa mempengaruhi dingin tidaknya AC mobil.

Itulah informasi tentang cara merawat AC mobil supaya tetap dingin dan lebih awet, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.