Resep Roti Manis Dan Lembut

Resep Roti Manis Dan Lembut

Roti manis yang lembut dan lezat merupakan makanan yang banyak disukai setiap orang karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang nikmat. Roti manis seperti ini biasanya mudah ditemui di toko roti namun sebenarnya anda sendiri juga bisa membuat resep roti manis dan lembut sendiri di rumah. membuat roti manis sebenarnya tidak sulit anda hanya perlu percaya diri dalam membuat roti. Untuk membuat roti yang lembut anda harus menguleni adonan cukup lama yaitu 30 hingga 40 menit sampai adonan roti benar-benar halus, jika adonan terasa halus saat dipegang maka adonan sudah sudah lembut.

Dalam membuat resep roti manis yang lembut dan nikmat anda membutuhkan beberapa bahan, seperti 500 gram terigu, 4 butir telur (ambil kuningnya), 200 gram margarin, 20 gram ragi instan, 300 gram gula pasir, 60 gram susu bubuk, 2 sendok teh garam, dan 500 ml air. Setelah mempersiapkan semua bahan-bahan yang sudah disebutkan anda dapat mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti oven dengan suhu 160-180 derajat celcius, loyang untuk memanggang dan juga roll kayu untuk memipihkan adonan.

Cara Membuar Resep Roti Manis Dan Lembut

Cara membuat resep roti manis dan lembut juga tidak sulit dan memakan waktu, seluruh proses memasak membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 45 menit hingga roti benar-benar matang.

  1. Pertama-tama campurkan seluruh bahan yang sudah disebutkan di atas (keculai air) ke dalam satu wadah, kemudian aduk adonan hingga merata. Selanjutnya beri air sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk. Terus aduk adonan hingga adonan menjadi kalis atau halus sekali saat disentuh dengan tangan.
  2. Selanjutnya tambahkan margarin dan juga garam ke dalam adonan. Selanjutnya adonan diuleni hingga terasa elastis. Setelah selesai di uleni diamkan adonan selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  3. Setelah 30 menit adonan akan mengembang dan kempiskan adonan, setelah itu bentuk adonan menjadi bulat dengan berat kurang lebih 250-300 gram kemudian diamkan lagi selama 15 menit.
  4. Setelah 15 menit ambil adonan yang sudah berbentuk bulan dan ratakan dengan roll kayu. Selanjutnya sediakan loyang yang sudah diolesi mentega dan letakan adonan pipih di dalamnya dan biarkan selama ½ jam. Terakhir masukan adonan ke dalam oven dengan suhu 160-180 derajat celcius selama ½ jam.

Agar resep roti semakin nikmat anda dapat menambahkan coklat, keju, susu ataupun rasa kesukaan anda lainnya ke dalam adonan roti, untuk membuat roti yang sangat nikmat jangan lupa untuk mengunakan Blueband yang dapat membuat roti menjadi makin nikmat. Roti yang sudah dibuat tadi memiliki kandungan nutrisi 263 kalori, 9,1 gram lemak, 6,5 gram protein, dan 50 mg kolesterol.