Syarat Donor Darah yang Wajib Terpenuhi

donor darah yuk

Donor darah merupakan perbuatan yang sangat mulia pasalnya kita telah menolong orang lain yang membutuhkan, bahkan terkadang darah tesebut dapat menyelamatkan nyawa orag lain. Selain itu pendonoran darah juga dapat memberi dampak baik bagi kesehatan darah ataupun kesehatan tubuh si pendonor itu sendiri. Saat ingin melakukan pendonoran darah kesehatan anda akan diperiksa terlebih dahulu, itu sama artinya saat mendonor anda juga dapat memeriksakan kesehatan tubuh secara gratis. Semua orang dapat melakukan donor darah dengan memenuhi beberapa syarat tertentu.

Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk mendonorkan darah sebaiknya anda mengetahui syarat donor darah apa saja yang harus terpenuhi agar anda dapat menjadi salah satu pendonor. Yuk simak kterangan di bawah ini.

  1. Syarat pertama adalah tubuh dalam keadaan prima atau sehat jasmani maupun rohani. Tidak sedang mengalami sakit ataupun memiliki penyakit yang berbahaya.
  2. Syarat lain yaitu mengenai usia. Usia seorang pendonor harus diatas 17 tahun dan paling maksimal usia 60 tahun. Sebenarnya usia dibawah 17 tahun juga diperbolehkan mendonor asal telah mendapatkan surat persetujuan dari orang tua sang anak.
  3. Selanjutnya mengenai berat badan. Berat badan maksimal pendonor darah adalah 45 kg.
  4. Berikutnya, saat ingin mendonor tekanan darah harus normal. Tekanan darah sebaiknya sistole 110-170 sedangkan diastole 70-100.
  5. Selain itu, denyut nadi juga harus teratur. Sebaiknya denyut nadi sekitar 50-100 kali per menitnya.
  6. Kadar haemoglobin dalam darah juga diperhitungkan. Yang dapat melakukan domor darah adalah orang yang kadar haemoglobinnya sekitar 12,5 gram sampai 17 gram.
  7. Bagi orang yang sering melakukan donor darah, jarak pendoran dari sebelumnya adalah minimal selama 3 bulan sekali dan maksimal dalam waktu setahun adalah melakukan donor darah sebanyak 5 kali.

Setelah menyimak syarat donor darah diatas semoga dapat membantu anda untuk menyiapkan diri sebelum melakukan pendonoran darah. Jangan lupa untuk memperhitungkan umur anda, atau jika belum yakin dan belum pernah melakukan donor darah sebaiknya anda konsultasikan kesehatan anda terlebih dahulu pada petugas yang ada. atau anda dapat mencari informasi terlebih dahulu dari artikel-artikel yang bertebaran di internet. Anda juga diperbolehkan untuk berkonsultasi masalah apa yang anda ingin tanyakan dan akan dijawab oleh para ahli di bidangnya.