Sederet Manfaat Sereal Untuk Kesehatan

Mendapatkan makanan yang sehat bukanlah sebuah hal sulit. Pada kenyatannya begitu banyak makanan sehat kaya zat gizi terbaik yang dapat kita temukan di sekitar kita. Bahkan menariknya lagi adalah kita bisa membeli berbagai bahan makanan sehat secara online dan kalau itu Lemonilo adalah jawabannya, dimana Lemonilo adalah marketplace yang hanya menjual bahan dan produk makanan sehat juga natural.

 

Salah satunya adalah sereal. Sebagian besar dari kita rasanya memang sudah tidak asing dengan makanan kelompok serealia seperti gandum utuh, oat, biji-bijian dan lain sebagainya. Sereal adalah makanan yang tepat untuk dipilih sebagai konsumsi sehat rutin saat sarapan. Karena memang ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi sereal. Apa saja manfaat tersebut ? Berikut ini berbagai manfaat sereal untuk kesehatan :

sederet-manfaat-sereal-untuk-kesehatan

Sebagai sumber energi. Seperti yang disampaikan di atas bahwa sereal adalah konsumsi sehat yang tepat untuk dipilih sebagai menu srapan. Karena memang salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi sereal adalah sereal bisa menjadi sumber energi.

 

Hal ini tentu tidak lepas lantaran di dalam sereal terkandung karbohidrat jenis karbohidrat kompleks yang merupakan jenis karbohidrat baik. Bahkan juga sereal dapat menjadi sumber energi dalam waktu yang lebih lama karena efek kenyang dari mengkonsumsi sereal yang kaya karbohidrat kompleks ini memang dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

 
Membantu dalam perkembangan tubuh. Sereal pun cocok untuk dijadikan konsumsi sehat bagi anak-anak demi mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Hal ini dikarenakan juga sereal merupakan sumber protein yang dengan mengkonsumsinya sebagian kebutuhan protein untuk mendukung pertumbuhan dapat tercukupi.
Membantu mengontrol berat badan.

 

Sereal adalah salah satu kelompok makanan yang rendah lemak selama juga penyajiannya tidak disertakan pelengkap yang tinggi lemak. Dengan kandungan lemak yang rendah tentu mengartikan bahwa dengan mengkonsumsi sereal pun tidak memberikan asupan kalori berlebih dalam tubuh. Sehingga dengan begitu dapat membantu dalam mengontrol berat badan agar tetap ideal.

 

Kemudian juga seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa sereal mengandung karbohidrat kompleks yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama, dan dengan begitu ini pun meminimalisir keinginan untuk makan lebih banyak dan lebih cepat.

Sumber : https://www.lemonilo.com/cemilan/sereal-granola

 
Mengontrol kadar gula dalam darah. Salah satu makanan sumber serat adalah sereal, dimana serat yang dimiliki oleh sereal dapat membantu untuk mengurangi kecepatan sekresi glukosa dari makanan. Dengan begitu, hal tersebut pun membantu tubuh untuk dapat mengontrol kadar gula dalam darah supaya dalam kondisi yang stabil.
5. Dapat mencegah terjadinya kanker.

 

Di dalam sereal terdapat kandungan fitosterol yang merupakan lemak baik dan salah satu perannya sendiri adalah untuk membantu dalam pencegahan penyakit kanker. Sehingga konsumsi sereal dalam jumlah yang cukup secara rutin bisa lebih memperkecil resiko kanker.