Langkah Lengkap Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Langkah Lengkap Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Cara membersihkan botol susu bayi bukanlah hal yang sepele karena dapat mempengaruhi langsung kondisi kesehataan anak anda, karena pada umumnya daya tahan tubuh anak-anak terutama bayi masih sangat lemah sehingga mudah untuk terkena penyakit sehingga anda harus menjaga kebersihan dan kesterilan dari botol susu terlebih susu bayi, baik itu susu formula ataupun ASI merupakan jenis susu yang mudah sekaliĀ  untuk ditumbuhi dengan bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar Dan Tepat

Adapun cara membersihkan botol susu bayi yang benar dan tepat ialah sebagai berikut ini :

  • Lepaskan bagian-bagian botol susu yaitu cincin dot dan dot dari bagian botol susu. Selanjutnya dengan menggunakan air mengalir bersihkan sisa-sisa susu yang menempel di seluruh bagian tersebut.
  • Cuci seluruh bagian botol susu dengan menggunakan sabun cuci hingga keseluruh bagian apabila menggunakan spons cuci dirasa belum cukup untuk membersihkan botol susu anda dapat menggunakan sikat dengan bulu lembut.
  • Selanjutnya lakukan pembilasan dengan menggunakan air mengalir hingga seluruh sabun terbilas sempurna.
  • Selanjutnya dengan kondisi semua bagian botol masih terlepas lakukan sterilisasi dengan menggunakan air yang telah didihkan di atas kompor lalu masukan semua bagian botol susu dan kecilkan api lalu tutup sehingga uap panas tertahan di dalam panci dan biarkan hingga air mendidih selama 10-15 menit.
  • Angkat bagian-bagian botol susu dan tiriskan dengan cara dijemur ataupun dengan menggunakan lap bersih dan setelah kering hubungkan lagi bagian-bagian botol susu tersebut dan simpan di tempat yang bersih dan tertutup.

Demikianlah cara membersihkan botol susu bayi yang benar dan tepat sehingga botol susu terbebas dari bakteri jahat penyebab penyakit. Adapun langkah membersihkan botol susu yang paling tepat ialah dengan menggunakan sabun cuci khusus seperti misalnya sabun cuci Sunlight Plus Anti Bakteri yang mana sabun cair ini tidak hanya mampu memberikan aroma harum dan membersihkan kotoran tetapi juga mampu membunuh bakteri jahat pada berbagai peralatan dapur dan juga bakteri di spons.